Sunday, October 31, 2010

N U R I

Fakta Mengenai Nuri

http://files.myopera.com/robertuspudyanto/albums/812454/thumbs/RBT_7383.JPG_thumb.jpg
 
Burung nuri paling kecil, disebut pigmy parrot, hanya sembilan sentimeter (4 inci) tingginya, sedangkan yang paling besar, hyacinth macaw, dapat berukuran 90 cm (3 kaki) dari kepala sampai ekor.
Burung nuri dapat hidup bertahun-tahun. Coky, seekor burung nuri yang di pelihara di Kebun Binatang London, hidup lebih dari 80 tahun.

Fakta Mengenai Makanan

 http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2006/03/15/yingwu.jpg

Burung nuri harus menelan kerikil dan batu-batu kecil untuk membantu mereka mencernakan makanan dengan baik. Burung nuri terbesar dapat membuka brazil nut (semacam kenari) dengan paruhnya yang kuat.

Fakta Mengenai Sarang

 http://image.made-in-china.com/2f0j00UBZtOPAMnRzb/Branches-Bird-Nest-ZG9792A-.jpg

 Tidak seperti nuri pada umunya, nuri pendeta memnuat sarang. Struktur sarang yang besar dapat menampung sampai dengan 20 keluarga dan amat kuat, sehingga burung lain dapat hidup di atas atapnya. Beberapa jenis nuri meletakkan telurnya dalam sarang rayap yang dengan sengaja dilubangi.

Anak Burung Nuri

 http://files.myopera.com/robertuspudyanto/albums/812454/RBT_7378.JPG

Anak burung nuri tidak mempunyai bulu ketika baru menetas. Mereka telanjang, buta, dan tidak berdaya. Badannya yang kecil kemudian tertutup bulu yang lembut di bagian dalam dan selanjutnya bulu-bulu yang lebih kuat tumbuh. Bulu-bulu itulah yang memberi bentuk pada burung ini dan membuat mereka dapat terbang. Kedua induk memberi makan kepada anak-anaknya, sementara mereka belajar terbang dan mencari makanan. Beberapa anak nuri tetap berada bersama dengan keluarganya atau kawanan dari keluarganya. Anak-anak dari nuri jenis lain meninggalkan induknya untuk bergabung dengan kawanan nuri yang lain.

No comments:

Post a Comment